1. Sekolah mengembangkan Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP)
  2. Sekolah memiliki program pengembangan kurikulum muatan lokal
  3. Sekolah mengembangkan silabus dan sistim penilaian
  4. Sekolah mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran
  5. Sekolah memiliki/mencapai standar proses pembelajaran meliputi strategi/metode CTL, pendekatan belajar tuntas
  6. Sekolah memiliki / mencapai pengembangan kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler
  7. Sekolah memiliki/mencapai model dan sistem penilaian secara autentik dan berkesinambungan
  8. a. Sekolah memiliki Program Ketuntasan Belajar; b. Sekolah memiliki Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM)
  9. Sekolah memiliki Program Kegiatan Supervisi
  10. Sekolah memiliki Dokumen Fisik Evaluasi Pembelajaran
  11. Sekolah memiliki Dokumen Pelaporan Hasil Belajar
  12. Sekolah mencapai hasil lulusan dengan kecerdasan yang tinggi
  13. Sekolah mencapai hasil lulusan yang memiliki pengetahuan yang luas
  14. Sekolah mencapai hasil lulusan yang memiliki kepribadian luhur dan berbudipekerti mulia
  15. Sekolah menghasilkan lulusan yang memiliki bekal ketrampilan hidup
  16. Sekolah memiliki Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang berkualifikasi sesuai Standart Pendidikan Nasional
  17. Sekolah memiliki Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang memiliki kompetensi sesuai Standar Pendidikan Nasional
  18. Sekolah memiliki program dan jadwal rutin kepramukaan
  19. Sekolah memiliki program dan jadwal rutin, KIR, LCT,MIPA
  20. Sekolah memiliki program dan jadwal olahraga prestasi
  21. Sekolah memiliki program dan jadwal sholat jama’ah dhuhur
  22. Sekolah memiliki program dan jadwal pengajian bulanan
  23. Sekolah memiliki program dan jadwal MTQ mingguan
  24. Sekolah memiliki tata lingkungan yang kondusif untuk kelancaran proses pembelajaran
  25. Sekolah memiliki ruang praktek yang memadai untuk setiap mata pelajaran
  26. Sekolah memiliki media pembelajaran yang memadai
  27. Sekolah memiliki lingkungan belajar yang terawat dan kondusif
  28. Sekolah memiliki fasilitas sistim pengamanan yang memadai
  29. Sekolah memiliki Pengelolaan manajemen yang efektif
  30. Sekolah memiliki struktur organisasi sesuai standart
  31. Sekolah memiliki tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang memahamimanajemen berbasis sekolah
  32. Sekolah memiliki hubungan kerjasama yang harmonis dengan stake holder
  33. Sekolah memiliki sumber dana yang cukup melalui pendayagunaan potensi sekolah
  34. Sekolah mencapai standar pelaksanaan penilaian oleh pendidik
  35. Sekolah mencapai standar pelaksanaan ujian akhir oleh satuan pendidikan maupun pemerintah
  36. Sekolah memiliki sistem program penataan Lingkungan Hidup dan penanganan terhadap sampah
  37. Sekolah menerapkan program pembiasaan pembiasaan guna pembentukan karakter dan budi pekerti